Penyebab Sariawan

penyebab sariawan
penyebab sariawan

Penyakit sariawan adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian dalam mulut. Semua orang pasti pernah merasakan penyakit sariawan. Sariawan atau stomatitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada jaringan epitel selaput permukaan pada jaringan yang berlendir dan diikuti dengan timbulnya luka terbuka. Sariawan ini dapat terjadi pada permukaan lidah, rongga mulut, usus besar hingga pada serviks atau mulut rahim.

Sariawan pada lidah merupakan salah satu jenis peradangan pada selaput lendir yang seringkali menyerang tanpa memandang usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan kaum lansia. Untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit sariawan, ada baiknya kita mengetahui penyebab penyebab dari penyakit tersebut.

Berikut penyebab penyebab sariawan yang patut kita waspadai dan kita hindari :

1. Gigi. Susunan gigi yang tidak sempurna ataupun tergerusnya lapisan enamel gigi yang menyebabkan permukaan gigi menjadi kasar dapat menjadi salah satu faktor pemicu timbul nya gesekan antara lidah dan permukaan gigi, sehingga menimbulkan luka dan dapat memicu terjadinya penyakit sariawan.

2. Tergigit. Selain penyebab di atas, salah satu penyebab sariawan adalah tergigit. Baik Lidah atapun kulit mulut yang tidak sengaja tergigit pada saat sedang mengunyah makanan dengan terburu-buru, dapat menyebabkan luka dan bila didiamkan akan menyebabkan sariawan. Luka terbuka ini akan memperbesar resiko terjadinya sariawan.

3. Vitamin C. Vitamin C kita pahami salah satu vitamin yang dapat mencegah terjadinya sariawan. Kekurangan asupan Vitamin C dapat menyebabkan terjadinya luka terbuka pada jaringan epitel lendir, sehingga kecukupan asupan vitamin C harian dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati sariawan atau stomatitis ini.

4. Antioksidan. Selain vitamin C, konsumsi asupan makanan dengan kadar antioksidan tinggi seperti buah delima, teh hijau ataupun buah sirsak juga merupakan salah satu tindakan pengobatan terhadap penyakit sariawan. Kombinasi vitamin C dan antioksidan sangatberguna untuk memperkuat sistem immun tubuh terhadap kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh timbulnya sariawan.

Demikianlah penyebab penyebab penyakit sariawan yang dapat kita perhatikan, sehingga dengan demikian kita dapat mengantisipasinya sedini mungkin. Namun demikian, segera kunjungi dokter atau klinik medis terdekat apabila sariawan yang terjadi tidak kunjung membaik setelah 14 hari atau bahkan timbul benjolan pada sariawan disertai rasa nyeri ketika mengunyah dan berbicara meskipun sudah kita obati dengan obat sariawan. Jangan pernah meremehkan penyakit sariawan tersebut, karena tidak sedikit yang menghiraukan penyakit kecil ini dan berakibat buruk menjadi penyakit kanker.

sumber : www.healthline.com

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *