Cara Mengobati Panu Yang Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Panu
Penyakit Panu Pada Kulit

Berikut ini adalah cara mengobati panu bagi anda yang mengalami panu atau bagi anda yang ingin terhindar dari panu. Setiap orang yang tentunya ingin terbebas dari panu. Dalam stereotip masyarakat Indonesia yang berkembang adalah panu identik dengan orang yang jarang mandi atau mereka yang tidak bersih.

Jika sudah begini, tentu akan sangat menjengkelkan bukan? Apalagi buat anda para wanita yang sangat memperhatikan penampilan serta kecantikan kulit. Nah, di bawah ini kita akan membahas segala sesuatu tentang panu termasuk juga gejala serta penyebab panu. Ini dia informasi selengkapnya hanya untuk anda.

Penyebab dan Cara Mengobati Panu
Ada beberapa cara dalam mengobati panu, namun pertama-tama kita perlu untuk mengenal penyebabnya sehingga dapat pula mengetahui cara penanganan panu dengan benar sesuai dengan penyebabnya. Panu sendiri disebabkan oleh jamur Pityrosporum Ovale.

Panu akan muncul dengan bercak-bercak putih pada bagian-bagian seperti kulit kepala, lipatan lengan, leher, wajah, tangan serta punggung. Biasanya permukaan kulit yang menderita panu akan muncul semacam sisik-sisik. Panu sendiri jika tidak disembuhkan dengan benar akan menyebar.

Nah sekarang kita beralih pada cara mengobati panu. Ada beberapa cara untuk mengobati panu dengan menggunakan tanaman herbal. Pengobatanpun dapat dilakukan secara tradisional.

Beberapa tumbuhan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati panu adalah bawang putih, lidah buaya, belimbing, lengkuas, jeruk nipis dan daun pare serta cuka apel. Cara mengobati panu dengan bawang putih dapat dilakukan dengan menggosok-gosokan bawang putih pada panu secara rutin.

Untuk lidah buaya caranya hampir sama yaitu dengan menggosokan getah lidah buaya pada kulit yang menderita panu. Untuk belimbing, tumbuk 1 buah belimbing dengan kapur lalu oleskan pada kulit yang menderita panu. Baik untuk digunakan sebanyak 2-3 kali sehari.

Lakukan langkah demikian hingga panu terkupas dan sembuh. Cara pengobatan panu menggunakan bahan lainnya yaitu lengkuas adalah dengan cara mengambil air dari lengkuas. Anda dapat memarutnya atau juga bisa memotong lengkuas. Intinya adalah air lengkuas tersebut bisa anda dapatkan.

Cara mengobati panu lainnya adalah dengan menggunakan air jeruk nipis yang dicampur dengan belerang yang sudah dihaluskan. Oleskan kedua campuran tersebut pada kulit. Lakukan langkah demikian hingga panu mengelupas dan hilang.

Cara lainnya adalah dengan daun pare. Untuk cara mengobatinya adalah dengan mengambil beberapa daun pare campurkan dengan kapur sirih kemudian tumbuk hingga hancur. Gunakan campuran tersebut untuk mengobati panu pada kulit hingga panu hilang.

Untuk pengobatan dengan menggunakan sari cuka apel dapat dilakukan dengan mencampur 1 sendok makan sari cuka apel dengan air teh. Kemudian gunakan serta oles campuran tersebut pada kulit yang menderita panu. Anda bisa membeli cuka apel di apotek terdekat.

Semua cara di atas dapat digunakan untuk mengobati panu yang anda derita. Ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Yap, pepatah ini benar adanya. Daripada mengobati panu lebih baik kita mencegahnya bukan?

Beberapa cara ini mungkin bisa anda lakukan untuk mencegah jamur penyebab panu untuk berkembang biak pada kulit anda. Lakukan mandi dengan teratur dan juga pakailah pakaian yang bersih. Cucilah juga handuk anda secara berkala agar handuk anda terbebas dari segala macam bakteri, termasuk bakteri penyebab panu. Demikianlah cara mengobati panu yang bisa kami sajikan informasinya untuk anda.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *