Cara Mengatasi Beser yang Menganggu

mengatasi beserCara mengatasi beser alias buang air kecil berlebihan sebenarnya cukup sederhana dan tidak muluk muluk. Tidak jarang sebagian dari kita pernah merasakan kondisi yang satu ini. Buang air kecil merupakan sesuatu yang normal untuk dilakukan.

Buang air kecil atau pipis merupakan bentuk ekskresi ginjal. Melalui air seni, racun racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dibuang keluar dari tubuh. Sehingga buang air kecil bisa dikatakan normal. Tetapi menjadi tidak normal jika terlalu sering dilakukan.

Terutama ketika buang air kecil tidak bisa dikontrol berarti bisa jadi ada masalah yang terjadi pada kesehatan. Tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi beser.

Mengatasi Beser yang Berlebihan
Beser atau yang juga dikenal sebagai overactive bladder biasanya lebih sering menimpa perempuan. Setidaknya 53% perempuan di Asia mengalami gejala overactive bladder. Bukan hanya perempuan lanjut usia saja, tetapi perempuan di usia produktif 25-30 tahun juga tidak jarang mengalami overactive bladder.

Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi beser yang bisa dilakukan. Cara ini akan menjadi lebih efektif ketika dilakukan secara rutin. Cara yang dilakukan tidak selalu harus melalui jalan medis.

Ada juga beberapa cara alami yang bisa menghentikan overactive bladder. Misalnya dengan mengikuti senam kegel. Senam kegel dipercaya bisa melatih otot perkemihan agar bisa berfungsi dengan baik dan mengendalikan hasrat ingin buang air kecil.

Senam kegel mungkin belum terlalu familiar. Tetapi sebenarnya senam ini cukup mudah dan tidak perlu dilakukan di gym atau tempat tertentu. Anda cukup fokus, lalu mengendorkan otot panggul dan otot perut pada waktu bersamaan. Latihan ini bisa dilakukan kapan saja ketika sedang duduk, berdiri, berjalan, atau tiduran. Jika merasa bingung, anda bisa mencari tahu gerakan senam kegel di Youtube.

Cara mengatasi beser bisa juga dengan menggunakan beberapa ramuan. Misalnya ramuan dari daun jamblang dan daun duwet. Yang perlu anda siapkan adalah 3 lembar daun jamblang atau daun duwet, kulit pohon jamblang sebesar 2 jari tangan, dan kunyit sebesar 1 jari tangan.

Cara untuk membuat ramuan tersebut tidak terlalu sulit. Cukup cuci bersih semua bahan yang telah dipersiapkan. Kemudian potong kecil kecil semua bahan lalu rebus dengan menggunakan 5 gelas air. Tunggu hingga air rebusan tersisa 3 gelas saja.

Minum ramuan setiap 3 kali dalam sehari sebanyak ½ gelas setiap makan. Ramuan sebaiknya rutin diminum selama satu minggu. Jika memang belum ada perubahan, sebaiknya pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Karena bisa jadi ada yang salah dengan sistem perkemihan.

Mau tidak mau jalan medis harus ditempuh untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sehingga diharapkan pemberian obat dari dokter bisa mengatasi buang air kecil yang berlebihan. Demikianlah beberapa cara mengatasi beser.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *