Bermacam-macam Khasiat Kacang untuk Manusia

manfaat kacang
manfaat kacang

Khasiat kacang tentunya ada bermacam-macam. Kacang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Terutama olahan kacang, baik yang dalam bentuk kemasan maupun olahan secara langsung. Selain itu, kacang juga seringkali diolah menjadi bumbu masakan. Misalnya bumbu pecel, gado-gado, ketoprak, dan lain sebagainya. Tentunya banyak khasiat yang bisa didapatkan dari kacang. Bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan gizi yang banyak serta baik untuk tubuh manusia. Beberapa kandungan yang terdapat dalam kacang misalnya seperti lemak, protein, kalori, mineral, vitamin, dan serat. Jika anda merasa penasaran, berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai manfaat yang bisa didapatkan dari kacang.
Manfaat Positif Kacang untuk Kesehatan
Riset menunjukkan bahwa mengkonsumsi minimal dua sendok makan selai kacang setiap minggu, dapat berpengaruh signifikan untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Hal ini berkat kandungan-kandungan gizi yang baik dalam kacang. Misalnya saja kandungan asam folat. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa asam folat merupakan zat penting yang harus diberikan kepada ibu hamil. Asam folat dapat melindungi janin dari resiko lahir cacat. Selain itu, asam folat juga diperlukan untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Masih ada lagi khasiat kacang yang lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa satu ons selai kacang (sekitar dua sendok) dapat menurunkan resiko batu emedu atau penyakit kantung empedu sekitar 25%.
Kacang tanah ternyata memiliki kandungan asam amino esensial dengan kandungan trytophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik. Efek trytophan ini jika dikombinasikan dengan coklat akan menjadi anti depresan. Sehingga tidak heran jika kita sering menemukan coklat dengan isi kacang. Karena memang kacang dan coklat dapat memberikan efek yang menenangkan. Khasiat kacang yang selanjutnya, yaitu dapat menurunkan resiko kanker usus. Terutama pada wanita. Dengan mengkonsumsi setidaknya 2 sendok selai kacang dua kali dalam seminggu, maka bisa mengurangi resiko kanker usus besar pada wanita hingga 58% dan pada pria sekitar 27%.
Kacang pun ternyata dapat digunakan untuk menjaga berat badan. Mengkonsumsi kacang paling tidak dalam bentuk selai, dapat memberikan kesempatan untuk menaikkan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi kacang dengan teratur dalam jumlah yang dianjurkan akan sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Kacang khususnya kacang tanah memiliki kandungan azam oleat yang baik bagi jantung untuk menurunkan resiko kardiovaskuler yang menyebabkan terjadinya jantung koroner. Untuk lebih mengoptimalkan khasiat kacang yang satu ini, lebih baik kacang dihidangkan dengan cara dikukus atau direbus. Hindari menggoreng kacang dengan menggunakan minyak. Tidak hanya dapat berguna untuk kesehatan, tetapi mengkonsumsi kacang juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus, lembut, dan tampak lebih muda.
Salah satu khasiat kacang bagi kecantikan yaitu dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Kacang memang mengandung vitamin E, seng, serta magnesium yang mampu menjaga kulit menjadi bersinar dari dalam serta menekan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Kandungan protein di dalam kacang juga dapat membantu meregenerasi sel. Kacang tanah juga memiliki sejumlah asam lemak yang diyakini penting untuk sel-sel saraf otak. Sel otak ini nantinya akan membantu mengontrol stress dan perubahan suasana hati. Dengan begitu dapat membantu pencegahan gangguan pada kulit, seperti keriput, garis halus, dan kusam. Lalu, kandungan serat dalam kacang juga penting untuk mengeluarkan racun. Racun yang dikeluarkan merupakan penyebab dari kulit yang kusam dan minyak berlebih. Dengan dibuangnya racun tersebut, kulit pun akan menjadi lebih sehat.
Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit saja, tetapi kacang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan rambut. Kacang tanah memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Kandungan tersebut dapat memperkuat folikel kesehatan kulit kepala sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut. Kacang juga memiliki kandungan arginin atau asam amino yang dapat membantu mengobati kebotakan pada pria serta mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Zat ini juga sekaligus menyehatkan dinding untuk meningkatkan aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh, maka rambut yang sehat dan kuat bisa didapatkan. Demikianlah khasiat kacang untuk kesehatan dan kecantikan.

sumber : www.health.com

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *