9 Penyebab darah Tampak menggumpal pada saat menstruasi atau haid

Sealaneadvisory.com – Sudah kodratnya wanita harus melewati fase fase menstruasi atau yang dikenal sebagai haid hampir sepanjang hidupnya. Pada normalnya wanita yang memasuki dan mengalami masa haid pada kisaran 6 sampai 7 hari yang ditandai keluarnya cairan berbentuk darah dari organ reproduksinya. Volume keluarnya darah ini bisa dalam jumlah yang cukup banyak ataupun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, dan warna darah yang keluar pun bisa tampak merah cerah, merah kental agak gelap ataupun yang merah tua pekat gelap.

penggumpalan darah haidSeringkali gangguan pada saat haid ini menjadikan darah yang keluar terlihat tidak wajar dan menggumpal, dan hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal dan faktor yang bisa menyebabkan penggumpalan pada darah haid. 8 hal yang bisa menyebabkan darah menjadi menggumpal pada saat haid :

  1. Adanya perubahan yang terhadap hormone didalam tubuh seperti hormone esterogen dan juga progesterone. Pada darah haid yang normal kadar kedua hormon ini jumlahnya cukup seimbang didalam tubuh, dan justru sebaliknya jika salah satu terjadi menurun dan satunya lagi berlebihan maka akan terjadi perubahan pada struktur darah haid yang keluar yakni darah menstruasi menjadi tampak mengumpal dan keluar cukup banyak.
  2. Terdapat atau memiliki penyakit tumor jinak yang biasa dikenal juga dengan miom. Dengan adanya pertumbuhan miom pada bagian organ reproduksi khususnya pada rahim. Banyak wanita tidak menyadari gangguan ini dikarnakan penyakit miom seringkali tidak memberikan gejala secara khusus.
  3. Mengalami keguguran, ketika seorang wanita sedang mengalami kehamilan dan janin tidak cukup kuat untuk bertahan didalam rahim/kandungan maka biasanya janin akan secara alami keluar melalui organ reproduksinya yang mana keluar dalam bentuk gumpalan darah.
  4. Rahim sedang mengalami infeksi, jika organ rahim mengalami gangguan secara otomatis proses menstruasi akan berlangsung lebih lama dari biasanya dan darah haid yang dikeluarkannya pun akan lebih banyak dan menggumpal.
  5. Terdapat Adenomiosis, yang mana didalam tubuh khususnya pada bagian rahim terjadi pembesaran ukuran dari rahim sehingga ketika berkontraksi otot rahim menjadi terganggu dan hal inilah salah satu pemicu terjadinya penggumpalan darah pada saat menstruasi.
  6. Adanya polip yang menghambat peredaran darah yang ingin dikeluarkan melalui rahim. Pada umumnya jenis polip ini tumbuh dan berkembang pada bagian enodometrium (lapisan rahim) serta bisa juga tampak seperti tonjolan pada rongga rahim.
  7. Terdapat penyakit kanker rahim yang tak hanya bisa menimbulkan gangguan pada saat menstruasi namun juga bisa memicu terjadinya darah yang membeku.
  8. Pernah melahirkan dan memiliki anak kembar yang mana bisa mengakibatkan kondisi rahimnya menjadi lebih besar sehingga secara tidak langsung darah menjadi menggumpal sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kaum perempuan sangatlah rentan terhadap ancaman berbagai macam penyakit, untuk itu bagi kaum perempuan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh tak terkecuali kebersihan dari organ reproduksinya. Jika anda merasakan perubahan atau suatu kondisi yang dirasa janggal dan aneh sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda agar tidak sampai terlambat mendapatkan perawatan nantinya.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *