10 Gejala Penyakit Kanker Paru

Waspadai Ciri Ciri Kanker Paru-Paru
Ciri ciri kanker paru-paru merupakan suatu gejala atau tanda yang menandakan bahwa seseorang menderita penyakit yang banyak menjangkiti masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, masalahnya Indonesia merupakan salah satu negara dengan konsumsi rokok terbanyak di dunia. Kanker paru-paru memang berkorelasi dengan kebiasaan merokok. Dan angka penderita kanker paru di Indonesia sendiri mempunyai angka yang cukup tinggi.

Berikut adalah ciri-ciri kanker paru-paru yang harus diwaspadai :

  1. Batuk Batuk
    Batuk yang terjadi dapat kronis atau melebihi 8 minggu. Batuk juga dapat disertai dahak atau dapat juga malah berupa batuk kering. Meski telah diobati dengan obat apotek atau pun obat tradisional, batuk tidak kunjung sembuh dan terus menetap. Perhatikan juga pola perubahan batuk.
  2. Batuk Darah
    Batuk yang disertai dengan keluarnya darah segar atau dahak yang bercampur dengan bercak darah juga merupakan gejala kanker paru paru yang umum. Batuk tidak terasa nyeri namun dapat mengeluarkan darah.
  3. Cepat Merasa Lelah
    Meski tidak melakukan aktivitas fisik, tubuh terasa lemas, lelah serta tidak bertenaga. Meski telah menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk beristirahat, namun rasa lelah dan letih tidak kunjung menghilang.
  4. Sesak Napas
    Perasaan sesak dirasakan sebagai sulit menarik napas atau terasa seperti ada yang mengencangkan saluran pernapasan Anda. Gejala ini dapat timbul karena massa tumor yang mendesak saluran napas Anda.
  5. Mengi
    Suara mengi yang menyertai Anda saat menarik atau mengeluarkan napas yang terjadi pertama kali di usia dewasa haruslah dicurigai. Gejala mengi dapat disebabkan oleh penyakit alergi seperti asma namun dapat juga disebabkan oleh kanker paru.
  6. Perubahan Suara Menjadi Serak dan Kasar
    Massa kanker dapat menekan saraf yang berfungsi dalam berbicara sehingga memberikan ciri ciri kanker paru-paru suara yang berubah menjadi serak.
  7. Penurunan Berat Badan
    Turunnya berat badan disebabkan karena sel kanker yang memakai banyak nutrisi yang anda konsumsi, selain itu juga kanker akan membuat nafsu makan anda menurun sehingga selera makan anda tidak sebaik biasanya.
  8. Nyeri Dada
    Nyeri dapat timbul di dada, bahu bahkan di punggung. Sifat nyeri dada juga dapat terasa tajam, tumpul, timbul terus menerus atau malah kadang nyeri dan kadang tidak.  Baca juga : obat kanker paru alami
  9. Nyeri Tulang
    Biasanya nyeri tulang terasa pada malam hari dan menghilang bila beraktivitas. Namun nyeri dapat timbul kapan saja. Nyeri pada tulang disebabkan karena kanker yang awalnya berada di paru menyebar ke tulang melalui aliran darah.
  10. Sakit Kepala
    Nyeri kepala biasanya tak tertahankan, tidak hilang dengan obat penahan nyeri, amat mengganggu aktivitas dan tidak hilang ketika tidur. Gejala juga dapat disertai dengan lemahnya anggota tubuh, kesemutan serta kehilangan keseimbangan. Curigai sakit kepala bila ini adalah episode pertama sakit kepala (Anda tidak punya riwayat sering sakit kepala) dan intensitas nyerinya berat sekali.

Mendiagnosis penyakit kanker paru paru pada stadium dini memang merupakan suatu tantangan yang belum terpecahkan. Ciri-ciri kanker paru-paru yang telah dijelaskan di atas, sayangnya, biasa terjadi ketika kanker memasuki lebih dari stadium 1. Namun tetap saja ciri-ciri kanker paru-paru merupakan hal yang penting diketahui agar dapat berguna untuk menolong diri Anda atau orang lain di sekitar Anda. Dan mengetahui bahwa rokok merupakan faktor yang membuat seseorang rentan terkena kanker paru, ada baiknya lebih mewaspadai gejala kanker paru yang terjadi pada perokok.

Source : bbc.com

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *